Cara Belajar Bahasa Yang Efektif

Hoi!
Bahasa merupakan salah satu sistem yang digunakan manusia untuk berkomunikasi kepada sesamanya dalam menyampaikan beragam hal secara lisan maupun tulisan. Bahasa membuat kita terhubung dan mengerti satu sama lainnya sehingga akan tercapai keselarasan ide dan perkembangan peradaban manusia. Di Indonesia sendiri, selain menggunakan Bahasa Indonesia, terdapat lebih dari seribu bahasa daerah dari Sabang sampai Merauke. Tentunya ini merupakan khasanah budaya dan warisan nenek moyang kita kepada bangsa ini.

Ada lebih dari enam ribu bahasa yang masih hidup dan dipakai oleh penduduk dunia setiap harinya. Bahasa yang populer digunakan di dunia dan dipelajari oleh banyak pelajar dan umum diantaranya Bahasa Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, Italia, Cina, dan banyak lainnya. Bahasa menghubungkan kita secara utuh dan membuka potensi baru antara dua budaya untuk saling berdampingan. Kita juga bisa membuka wawasan lebih luas dan peluang karir tidak terbatas dari mempelajari suatu bahasa.

Bagaimana cara saya mempelajari bahasa yang efektif? Saya ingin belajar Bahasa Inggris. Saya ingin bisa berbicara bahasa Inggris dengan fasih.

Banyak cara dan metode yang bisa digunakan oleh teman-teman dalam mempelajari suatu bahasa hingga bisa menguasainya. Saya akan membagikan beberapa tips untuk teman-teman, cara mempelajari bahasa yang efektif yang saya gunakan dalam mempelajari Bahasa Inggris,

Pertama: Niat

Tahap pertama ini pasti semua orang bisa miliki dan lakukan. Niat. Awal mula dari suatu proses untuk menuai hasil. Memang niat ini sangat mudah diucapkan namun praktiknya yang akan sangat sulit dilakukan karena banyaknya ujian yang akan kita hadapi dalam proses belajar mulai dari bosan, malas, dan kesulitan dalam belajar.

Kedua: Metode belajar

Semua orang memiliki cara belajar yang berbeda. Tergantung cara belajar mana yang teman-teman lebih nyaman lakukan, ada yang memilih belajar bahasa dengan cara yang serius dengan cara formal dan ada yang belajar bahasa seperti saya dengan cara yang menyenangkan dengan mendengarkan musik, menonton film, membaca novel, dan lainnya.

Internet merupakan salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa dan budaya asing. Kita bisa berselancar di dunia maya dan mempelajari banyak hal dengan membaca berita terbaru tentang selebriti, menonton musik video yang sedang hits sambil berkaraoke, menyaksikan film pendek, atau bersosial media.

Smartphone juga sekarang telah mendukung aplikasi belajar bahasa, salah satu yang populer yaitu Duolingo app yang dapat diunduh ke smartphone dan dapat digunakan secara gratis bagi pemula maupun untuk yang sudah fasih (placement test).

Apabila teman-teman memulai dari nol, cobalah mempelajari hal yang mendasar terlebih dahulu agar tidak terlalu kesulitan dalam memahami, mulai dari basic vocabulary, sistem grammar dan tenses. Pelajari secara terus-menerus diselingi dengan hal yang trivial semacam mempelajari sejarah atau kebudayaan dari negara yang bahasanya sedang teman-teman pelajari.

Ketiga: Practice makes perfect!

Jika metode belajar teman-teman sudah tepat dan teratur, maka hal yang paling baik adalah terus mempraktikkannya dengan diri sendiri maupun interaksi dengan orang lain. Terus menulis, membaca, mendengar, dan berbicara tanpa takut melakukan kesalahan atau malu karena belum lancar. Semua akan tiba pada waktunya dan kesalahan kecil bukanlah penghalang untuk sesuatu yang besar.

Saya selalu berlatih speech di depan cermin atau merekam diri saya melakukan monolog agar saya bisa mengkoreksi diri saya dan memperbaiki kesalahan itu. Untuk interaksi sendiri, saya merasa kesulitan karena belum banyaknya orang yang fasih berbahasa asing dan saya selalu melakukan interaksi dengan media online seperti Instagram atau Twitter dengan kenalan di negara lain.

Keempat: Konsistensi

Niatan kita harus diikuti oleh determinasi dan kemauan yang kuat dalam mencapai keberhasilan belajar. Dalam mempelajari bahasa baru, kita harus memiliki konsistensi belajar, mulai dari konsisten dalam latihan menulis, membaca, mendengar, dan berbicara. Kita harus memiliki target tersendiri, misalkan belajar dalam periode waktu seminggu tiga atau empat kali secara konsisten selama beberapa bulan dan melakukan evaluasi dengan terus menguji kemampuan kita setiap kali latihan.

Semangati dan motivasi terus diri kita untuk bisa menguasai suatu bahasa. Masih ada banyak tantangan yang menghalangi kita untuk mencapai keberhasilan itu dan tidaklah mudah untuk menggapainya.

Selamat belajar dan semoga berhasil! May God be with you!
x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recommendation List: Buku Novel Young Adult

Pilih Mana? Universitas Negeri Atau Swasta?